Manfaat Bengkoang dan Pisang untuk Maag

Manfaat Bengkoang dan Pisang untuk Maag

Manfaat Bengkoang dan Pisang untuk Maag

Bengkoang atau bengkuang adalah termasuk kedalm tumbuhan suku polong-polongan (Fabaceae). Diketahui juga sebagai tanaman umbi-umbian (cormus) yang daging nya berwarna putih bersih dengan bentuk bulat menyerupai gasing. Bengkoang ini sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan rujak, asinan, dikonsumsi langsung juga bisa dan dapat pula digunakan untuk menjaga kecantikan kulit dengan cara dimaskerkan. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis.

Umbi bengkoang ini mempunyai kadar air mencapai 86-90%, oleh sebab itulah umbi bengkoang memiliki efek pendingin. Selain itu bengkoang juga  mempunyai kandungan gula, pati, posfor serta kalsium. Rasa manis yang terdapat pada umbi bengkoang dihasilkan dari zat inulin (beda dengan insulin ya). Senyawa zat inulin ini tidak dapat di cerna dengan baik oleh tubuh. Sehingga aman dan baik dikonsumsi bagi penderita diabetes atau orang yang sedang melakukan diet.

Walaupun umbinya dapat di makan namun bagian lain dari buah ini tidak layak untuk dikonsumsi karena mengandung senyawa racun yang biasa di gunakan untuk membunuh serangga dan menangkap ikan. Meskipun beracun, ada sebagian orang yang mempercayai bahwa biji bengkoang dapat digunakan sebagai obat panu dan kudis. Sementara untuk masyarakat Jawa Tengah masih banyak yang percaya bahwa biji bengkoang bisa dijadikan obat urus-urus. Yaitu obat untuk membersihkan kotoran di dalam usus. Dan ketika terjadi gejala keracunan maka mereka akan segera mengobatinya dengan air kelapa hijau muda.

Bengkoang pun sangat tinggi akan serat dan jika dibandingkan seratnya lebih banyak dibandingkan buah mangga itu makanya umbi bengkoang ini sangat cocok digunakan untuk kita dalam mengatasi sulit buang air besar.

Adapun beberapa manfaat dari umbi bengkoang ini adalah :

  • Membantu mengobati penyakit wasir.
  • Meredakan panas dalam dan sariawan.
  • Membantu menurunkan demam tinggi.
  • Mengontrol kadar gula darah.
  • Membantu mengobati beri-beri.
  • Membantu menghaluskan, melembabkan dan menjaga keremajaan kulit tubuh.
  • Membantu meremajakan kulit tubuh. Karena di dalam bengkoang fitoestrogen.
  • Membantu menjaga daya tahan tubuh karena tinggi akan vitamin C.
  • Membantu mengontrol kadar asam di dalam lambung yang terjadi karena adanya senyawa akali didalam bengkoang tersebut.

Oleh sebab itulah umbi bengkoang ini baik dikonsumsi oleh penderita sakit maag. Karena maag juga bisa terjadi saat asam lambung naik, dari situlah maag mulai dirasakan gejalanya. Namun ketika kita mengonsumsi bengkoang maka kita telah berusaha mengontrol kadar asam lambung di dalam tubuh kita. Agar sakit maag kita bisa segera diatasi.

Cara pengolahan bengkoang untuk maag dapat dilakukan dengan

  1. Menyiapkan 2 atau 3 umbi bengkoang yang telah di kupas dan dibersihkan.
  2. Parut bengkoang tersebut.
  3. Pisahkan air dan sari bengkoang dengan cara di peras.
  4. Dan minumlah air bengkoang tersebut secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

Tanaman ini berasal dari suku musaceae dengan ciri daun yang memanjang yang termasuk dalam tumbuhan terna raksasa. Berbuahnya pisang tidak mengenal musim, serta kandungan sumber energi dan mineral terutama kalium terdapat pada pisang

Setiap 100gram terdapat energi sekitar 136 kalori dan secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi dari pada apel dengan berat yang 100 gram hanya mengandung 54 kalori.

Pisang menyediakan Karbohidrat lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Sebab itu Banyak Atlet yang sedang istirahat/ jeda mengkonsumsi pisang sebagai cadangan energi. Namun kandungan protein dalam pisan sangat rendah hanya 2,3% dan 0,13%. Pisang mempunyai lemak dan protein yang tinggi dibanding apel jadi tidak perlu takut gemuk walau mengkonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Kandungan Mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, besi dan kalsium terdapat banyak pada buah pisang, Mineral pisang juga dapat diserat oleh tubuh hampir seluruhnya.

Pisang mengandung Provitamin A (betakaroten dan Vitamin B6) yang sangat tinggi. Per 100 Gram mengandung Vitamin B6 0,5mg dan Betakaroten 45mg, yang  mendukung kelancaran fungsi otak.

Pisang baik untuk penderita sakit maag

Pisang dapat menetralkan kelebihan asam lambung, bekerja dengan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi ,Pisang juga bereaksi menjadi antasida alami (zat untuk meredam produksi Hcl berlebih). Syarat pisang yang baik untuk anda penderita sakit maag yaitu pisang yang matang di pohon atau pisang yang tidak memiliki rasa asam, mengapa demikian Pisang yang belum masak sempurna/ masak dengan cara dipaksa rasanya akan asam atau keset dibanding dengan pisang yang sudah matang dipohon. contoh pisang yang bagus untuk penderita sakit maag yaitu pisang ambon karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna.

Selain mengkonsumsi makan di atas, jika Anda menderita penyakit maag yang parah seperti maag akut dan kronis segeralah melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat maag yang terbuat dari bahan herbal alami agar penyakit maag yang Anda derita bisa segera di sembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*