Khasiat Tanaman Dadap Serep Bagi Kesehatan Tubuh

Dadap Serep

Khasiat Tanaman Dadap Serep Bagi Kesehatan Tubuh-, Dadap serep adalah nama tanaman yang berasal dari Indonesia. Pohon ini telah tersebar luas ke seluruh pelosok Indonesia. Tingginya bisa mencapai 1-22 meter. Batang tumbuhan ini licin dan memiliki wana abu kehijau-hijauan dengan garis-garis halus yang membujur yang biasanya di tumbuhi dengan duri-duri yang kecil. Daunnya majemuk beanak 3 yang tersusun dalam satu tandan serta memiliki betuk bulat dengan ujung yang runcing.

Tumbuhan dadap serep ini biasanya memiliki musim tersendiri untuk menghasilkan bunga yaitu pada sekitar bulan oktober hingga penghujung tahun yaitu bulan Desember. Bunganya sendiri memiliki bentuk yang mengerucut  dan tersusun dalam tandan-tandan yang terletak di samping atau diujung ranting yang gundul. Mahkota dari bunga dadap serep ini berwarna merah tua. Dan bunga tersebut justru akan mulai kelihatan bermunculan pada saat daun dadap serep tengah berguguran.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Cabai Rawit Bagi Kesehatan

Pada umumnya tumbuhan dadap ini tumbuh disekitaran hutan dengan daratan yang berkisar memiliki ketinggian 300-2500 mdpl. Jarang sekali ada orang yang membudidayakan tumbuhan dadap serep ini. Dadap serep juga sering sekali dijadikan sebagai pohon rambatan sirih ataupun lada.  Tanaman ini cocok sekali di tanam pada  tanah yang subur dan juga lembab. Pada umumnya fungsi dari tanaman ini adalah untuk peneduh dan juga penyubur tanah.

Tanaman dadap serep ini menghasilkan kayu ringan, lunak dan juga berwarna putih. Kayu yang dihasilkan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai properti untuk membuat bingkai pigura, mainan anak-anak, pelampung, peti-peti pengemas, dan lain sebagainya. Perbanyakan dari tumbuhan dadap serep ini terjadi secara alami oleh biji yang dihasilkan oleh dadap serep itu sendiri atau bisa pula dengan melakukan stek batang.

Khasiat Tanaman Dadap Serep

Daun mudanya sering digunakan untuk membuat sayur untuk dijadikan sebagai lauk makan. Sayur tersebut akan sangat berfungsi untuk memperbanyak dan juga melancarkan ASI pada ibu yang sedang menyusui. Kulit, daun muda dan bijinya mengandung senyawa alkaloid hypaphorine.

Banyak sekali yang mempercayai bahwa dadap serep ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Yaitu untuk dijadikan sebagai pengobatan herbal alternatif. Diantara masalah gangguan kesehatan yang dapat di atasi oleh dadap serep ialah :

  • Bengkak dan juga memar
  • Insomnia
  • Haid tidak teratur
  • Penyakit cacingan
  • Disentri
  • Demam tinggi
  • Panas dalam
  • Mimisan
  • Reumatik
  • Pusing
  • Sakit perut/mulas.

Namun, pada tahun 1980-an terkuak laporan terbaru yang menunjukan bahwa di dalam daun, buah, akar, dan juga batang daun dadap memiliki kandungan racun yang bernama asam hidrosianida dan juga ditemukan eritrina. Dalam bijinya sendiri ditemukan juga kandungan hipaforin dan alkaloid eritralin.

Dalam sebuah tes yang melibatkan kodok sebagai bahan percobaannya ditemukan bahwa kodok tersebut menjadi lincah dan juga aktif setelah diberikan ramuan dadap serep dalam dosis yang sedikit. Namun dalam satu turunannya apabila ramuan tersebut diberikan dalam dosis yang banyak maka akan menyebabkan kelumpuhan.

Jadi untuk pengolahan dadap serep dan penggunaan dosisnya sendiri untuk pengobatan harus dilakukan dengan cara yang benar dan oleh orang yang benar-benar memahaminya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.mondaypapers.com