Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga ini dikenal semenjak prasejarah. Mengapa demikian ? Karena terdapat gambar-gambar  atau lukisan kuno yang ditemukan dalam sebuah gua daerah “Wadi Sora” di Mesir. Mengapa ketika kita ingin menjadi seorang Polisi, Tentara dan serupanya kita diwajib kan harus memiliki kemampuan untuk berenang ? Karena olahraga renang ini dianggap oleh bangsa terdahulu (Romawi) sebagai faktor penting dalam pelatihan keprajuritan. Selain dari itu Negara Jepang juga mewajibkan kepada seluruh pasukan/prajuritnya untuk bisa berenang.

Pertama kalinya dibukukan catatan tentang renang modern oleh Nicolas Wymann pada tahun 1538 dan pembuatan kolam renang yang pertama kali dibuat di Australia dan Jerman pada tahun 1800 yang diperuntukan untuk latihan para prajurit. Tahu kah Anda pada saat itu lah olahraga renang ini telah resmi menjadi mata pelajaran di sekolah keprajuritan.

Jenis – jenis gerakan Renang

  • Gaya bebas, pada tahun 1873 gaya bebas ini mulai ditenarkan oleh Trudgen yang terinspirasi dari gaya renang orang Indian. Namun ketika ditiru dan dipopulerkan olehnya gaya tersebut bahkan sebutannya menjadi gaya trudgen. Kemudian disempurnakan dengan tambahan gerakan pada kaki yang menambah kelajuan saat berenang sekaligus mengembangkannya di kepulauan Solomon, dia adalah Richard C.
  • Dahulu renang gaya kupu-kupu sama dengan gaya dada. Ketika tahun 1952 barulah gaya dada terpisah juga berbeda dengan gaya kupu-kupu

Pada 36 tahun SM Kaisar Suigui mengadakan perlombaaan renang di Jepang. Sementara Negara Eropa mengadakan perlombaan renang pada tahun 1800-an dan secara umum pesertanya berenang menggunakan gaya dada. Pertandingan besar seperti Olimpiade untuk renang pertamakali diadakan pada tahun 1896 di Ahena, Yunani. Pertandingan tersebut menyediakan 4 tahap, yaitu 100 m, 500m, 1.200m (gaya bebas) dan 100m (pelaut)

Yang dijelaskan diatas merupakan perlombaan renang bagi kaum laki-laki, sedangkan perlombaan untuk kaum wanita diadakan pada tahun 1912 di Belanda dengan jarak yang tidak ditentukan atau bebas.

Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

  • Meredakan Stress
    Siapa sangka ternyata gaya yang dilakukan pada saat berenang itu mampu meningkatkan hormon endorfin pada otak, sehingga suasana hati menjadi tentram dan damai maka tingkat stress dalam tubuh dan pikiran kita bisa menurun dan kembali tenang
  • Meningkatkan kebugaran tubuh
    Selain bisa meredakan stress olahraga ini terbukti dapat membuat tubuh ini menjadi segar bugar, baik dari gerakan maupun kontak langsung dari tubuh kita terhadap air
  • Meningkatkan Mood
    Seperti halnya point pertama ketika kita berenang maka hormon endorfin kita akan meningkat, yang dapat menenangkan pikiran jiwa dan raga. Olahraga ini dapat menjadi alternatif untuk rekreasi keluarga kita saat weekend yang tentunya mampu meningkatkan mood bersama keluarganya.
  • Bagi kesehatan bayi

Jangan perlu khawatir jika kita ingin mengajak bayi kita untuk berenang, ternyata ada beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan bayi kita ketika berenang, diantaranya : akan mudah dalam beradaptasi, menghilangkan racun dalam tubuhnya, mengencangkan g-spot, memperkuat otot-otot, meningkatkan keberanian pada bayi, dan masih banyak manfaat lainnya.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Bunga Tahi Kotok Bagi Kesehatan

Terimakasih atas perhatian Saudara/i semoga bermanfaat