Resiko Dan Metode Pengobatan Lipoma Dengan Jalan Operasi

Resiko Dan Metode Pengobatan Lipoma Dengan Jalan Operasi

Resiko Dan Metode Pengobatan Lipoma Dengan Jalan Operasi

Lipoma merupakan suatu benjolan yang terjadi karena tumor jinak pada lapisan lemak yang bersifat non-kanker. Pada umumnya benjolan lipoma sendiri muncul pada bagian ketiak, lengan, paha, punggung, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Meski pada dasarnya benjolan lipoma ini tidak terlalu berbahaya atau tidak sampai mengancam nyawa penderitanya, Anda tetap harus mewaspadai bahaya lipoma ketika gejala yang dirasa mulai tidak wajar. Misalnya saja seperti benjolan lipoma yang terus membesar bahkan berdiameter lebih dari 5 cm, atau benjolan lipoma yang terjadi terasa sakit.

Bagi mereka yang tidak mengalami lipoma parah dimana benjolan lipoma cukup besar misalnya sampai diameter 5 cm, sebenarnya dengan obat-obatan juga cukup untuk mengatasinya.

Namun bilamana benjolan sudah cukup besar (misal berukuran 5 cm) dan penderita juga mengalami infeksi lipoma, maka tindakan operasi memang kerap kali diambil guna mengatasinya secara instan. Hal ini sendiri karena benjolan lipoma yang terlalu besar akan sangat mengganggu.

Pengobatan Lipoma Dengan Operasi Adalah Pilihan Pengobatan Terakhir Yang Dapat Dilakukan

Operasi lipoma sendiri bukanlah sebuah solusi utama dari penyakit yang satu ini. Sebenarnya Anda juga menggunakan pengobatan biasa atau dengan obat-obatan lipoma guna mengatasi terlebih dahulu.

Tindakan operasi sendiri justru diambil sebagai pilihan dan jalan alternatif terakhir yang memang dianggap terbaik bilamana lipoma yang terjadi semakin buruk dan parah.

Prosedur pembedahan sendiri memang merupakan suatu keputusan yang berat bagi sebagian orang. Efek samping ataupun resiko memang selalu ada dalam setiap prosedur operasi ataupun pada pasca operasi, tak terkecuali pada operasi benjolan lipoma ini.

Salah satu hal yang paling seringkali terjadi pada kasus pasca operasi benjolan lipoma sendiri adalah terjadinya infeksi didalam tubuh. Dan infeksi ini dapat memicu perubahan sel lipoma yang tersisa pada tubuh menjadi sel kanker yang berbahaya.

Hal ini sendiri bisa terjadi karena pada saat virus ataupun bakteri / kuman menyebar didalam tubuh, mereka kemudian akan terus berkembang biak. Sampai pada akhirnya hal tersebut akan memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

Selain itu, operasi lipoma juga berpotensi menyebabkan pasien mengalami efek samping berupa bekas luka dan memar. Dan terkadang juga pada sebagian kecil kasus, lipoma muncul kembali di bagian yang sama setelah beberapa bulan dilakukan tindakan operasi.

Selain karena biayanya yang dikeluarkan pasien tidak sedikit, karena beberapa hal tersebut jugalah yang menjadi alasan kenapa tindakan operasi dijadikan sebagai jalan alternatif terakhir untuk mengobati lipoma.

Karena hal tersebutlah kenapa pasien penderita lipoma dianjurkan untuk menjalan pengobatan yang lain lebih dulu. Misalnya seperti dengan pengobatan alami atau dengan obat lipoma yang ada di apotik terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan dengan tindakan operasi.

Bagi Anda yang sudah terlanjur menjalan operasi lipoma, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait perawatan yang harus dilakukan pasca operasi lipoma.

Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Dan Metode Perawatan Pasca Operasi Lipoma

  1. Pasien yang sudah menjalan operasi lipoma diharuskan untuk bisa menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar pasien bisa segera pulih.
  2. Tak perlu panik bilamana rasa nyeri masih muncul meskipun setelah beberapa hari. Namun bilamana rasa sakit terus muncul sampai 1 minggu lamanya Anda bisa kembali ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan
  3. Jangan sampai bekas luka operasi terkena air terlebih dahulu setidaknya selama 1 minggu lamanya
  4. Khusus untuk penderita lipoma dengan ukuran yang cukup besar dan terletak didalam, pemasangan drain atau selang pada bagian luka operasi bisa Anda lakukan. Hal ini agar sisa-sisa bekuan darah post operasi dapat mengalir lancar. Namun Anda sangat tidak dianjurkan untuk mencoba mencabut selang tersebut sendiri atau bukan oleh ahlinya.
  5. Cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai apakah Anda bisa beraktivitas seperti biasanya atau tidak. Dan tanyakah pula makanan atau minuman yang sebaiknya Anda hindari lebih dulu.