Ternyata Bersihkan Telinga Dengan Cotton Buds Itu Bahaya!

Telinga merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang maha kuasa. Manfaatnya sangat luar biasa bagi kita sebagai manusia. Selain bisa menjadi salah satu penunjang berhasilnya suatu komunikasi baik, telinga juga bisa menjadi sebuah nikmat tersendiri karena bisa mendengar segala jenis suara di dunia. Mulai dari murotal sampai dengan berbagai jenis genre musik.

Tentu dengan seringnya kita mendengar, telinga memerlukan pemeliharaan yang baik dan benar. Seperti selalu menjaga kebersihannya untuk semakin memperjelas suara yang akan kita dengar. Sayangnya, kebiasaan membersihkan telinga ini banyak yang salah kaprah dan terlalu meyakini bahwa cara tersebut sudah tergolong sangat aman.

Ternyata Bersihkan Telinga Dengan Cotton Buds Itu Bahaya!

Salah satunya yaitu dengan menggunakan korek kuping atau cotton buds. Cara ini ternyata bisa sangat membahayakan lho. Apa lagi jika penggunaannya dilakukan dengan cara yang tidak baik.

Nah, agar kita faham dan mengerti lebih dalam lagi kenapa pemakaian cotton buds ini sangat berbahaya. Berikut penjelasannya!

Kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton buds, bisa menyebabkan saluran telinga rusak dan gendang telinga terancam akan bolong.

Mungkin sebagian dari anda sudah nyaman dengan pemakaian cotton buds. Selain praktis dan bisa langsung dibuang setelah pemakaiannya, cotton buds banyak dipercaya bisa membersihkan saluran telinga dengan baik.

Padahal prasangka ini tidak bisa dibenarkan sama sekali. Karena sudah banyak dokter yang menyatakan bahwa telah banyak kasus seseorang yang sering menggunakan cotton buds saluran telinganya jadi rusak bahkan sampai merusak gendang telinga.

Penggunaan cotton buds bisa mengganggu proses mekanisme alami dalam telinga

Kotoran di dalam telinga itu baik, jadi tidak harus setiap saat dalam membersihkannya. Cukup satu minggu satu kali, karena jika terlalu sering saluran bagian dalam telinaga akan mudah iritasi dan mengganggu sistem pendengaran anda.

Sejumlah kotoran dalam telinga sebenarnya berfungsi untuk melindungi dari kuman dan bakteri di bagian jaringan kulit dalam telinga.

Juga bisa beresiko tertinggalnya kapas cotton buds di dalam telinga. Bahaya kan!

Tahu kan kapas yang digulung pada bagian ujung cotton buds? Nah, kapas tersebut tidak semuanya menempel pada bagian batang cotton buds. Dalam setiap bungkusnya ada saja cotton buds yang tidak layak atau bahaya jika digunakan karena mudah terlepas.

Kapas tersebut akan menempel pada kotoran di dalam telinga dan sulit untuk dikeluarkan kembali. Akhirnya kapas tersebut tertinggal di dalam sana dan bisa berisiko melukai gendang telinga apa bila terus didorong dengan menggunakan korek kuping.

Membuat proses produksi sejumlah kotoran dalam telinga menjadi semakin banyak dan menumpuk

Penggunaan cotton buds yang terlalu sering ternyata dampaknya tidak hanya bisa merusak gendang telinga saja. Kotoran di dalamnya bisa semakin menumpuk karena aktivitas penggunaan korek kuping ini menghambat proses pergantian sel kulit. Maka, sejumlah kotoran akan semakin menumpuk jika terus saja dilakukan.

Bagi kalian yang suka membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds sebaiknya harus berhati-hati lagi. Karena sudah banyak orang di luar sana yang salah kaprah dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat